Pengertian E-Commerce dan Contoh serta Manfaatnya dalam Bisnis
Di zaman yang serba praktis dalam bidang teknologi, hampir semua hal dapat dimanfaatkan oleh manusia tidak terkecuali internet. Dalam dunia internet Anda mungkin sudah sering mendengar istilah e-commerce bukan? Terutama bagi pemain bisnis online seperti penjualan online, pemasaran online, pembayaran online yang dilakukan secara elektronik sebagai pengguna internet maka hal tersebut dianggap sebagai e-commerce.
E-Commerce sudah menjamur diberbagai kalangan mulai dari remaja sampai dewasa dengan memanfaatkan fasilitas dari perorangan atau perusahaan yang pastinya membuat penggunanya lebih praktis dalam melakukan transaksi elektronik, pada artikel ini penulis akan mencoba membahas mengenai pengertian e-commerce dan contohnya beserta jenis-jenis, manfaat, keuntungan dan dampak negatif yang perlu kamu ketahui.
PENGERTIAN E-COMMERCE
E-Commerce juga disebut perdagangan elektronik adalah kegiatan yang berkaitan dengan pembelian, penjualan, pemasaran barang atau jasa dengan menggunakan sistem elektronik seperti internet atau jaringan komputer. E-commerce juga melibatkan aktivitas yang berkaitan dengan proses transaksi elektronik seperti transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, data persediaan sistem pengolahan dilakukan oleh sistem komputer atau jaringan komputer, dan lain sebagainya.
Dalam teknologi informasi, e-commerce dapat dikategorikan sebagai bagian dari e-bisnis di mana e-bisnis memiliki lingkup yang lebih luas baik dari segi kegiatan atau jenis jenis kegiatan yang dilakukannya.
Dalam teknologi informasi, e-commerce dapat dikategorikan sebagai bagian dari e-bisnis di mana e-bisnis memiliki lingkup yang lebih luas baik dari segi kegiatan atau jenis jenis kegiatan yang dilakukannya.
JENIS-JENIS E-COMMERCE
Ada beberapa jenis e-commerce yang biasanya dilakukan banyak orang melalui media internet seperti yang dijelaskan di bawah ini.
1. Business to Business (B2B)
Jenis e-commerce ini adalah bisnis ke bisnis atau B2B yang dilakukan oleh orang-orang atau kepentingan bisnis yang saling menguntungkan di mereka di mana kedua belah pihak biasanya sudah mengenal satu sama lain dan mengetahui proses bisnis yang mereka lakukan dengan satu sama lain.
Biasanya jenis bisnis B2B adalah berkelanjutan atau saling berlangganan, transaksi tersebut dilakukan untuk antara dua pihak saling menguntungkan dan saling percaya.
Contohnya :
Dua perusahaan masing-masing memegang transaksi penjualan atau penyediaan barang dilakukan melalui transaksi online di internet, serta pembayaran yang biasanya mereka melakukan itu adalah dengan menggunakan kartu kredit di internet.
2. Business to Consumer (B2C)
E-Commerce B2C adalah jenis bisnis yang dilakukan antara perusahaan dan konsumen, seperti antara produsen yang menjual dan menawarkan produk mereka kepada konsumen umum online. Produsen tersebut akan melakukan bisnis dengan menjual dan memasarkan produk mereka kepada konsumen tanpa ada umpan balik dari pelanggan untuk melakukan bisnis kembali ke produsen, yang berarti satu-satunya produsen untuk menjual atau memasarkan produk atau jasa dan konsumen hanya sebagai pengguna atau pembeli.
Contohnya :
Asus Store adalah toko online yang didirikan oleh perusahaan teknologi yaitu Asus yang bertujuan untuk menjual barang-barang yang dimiliki atau diproduksi oleh perusahaan tersebut kepada konsumen secara langsung melalui websitenya.
3. Consumer to Consumer (C2C)
E-Commerce Consumer to Consumer (C2C) dilakukan antara konsumen dan konsumen, misalnya, pelanggan dari produser akan menjual kembali ke konsumen lainnya.
Contohnya :
Tokopedia, salah satu contoh dari perusahaan jual beli dengan mendirikan toko online yang memungkinkan pengguna atau perorangan membuka tokonya secara online di tokopedia kepada konsumen yang membutuhkan barang yang dijual.
4. Consumer to Business (C2B)
E-commerce Consumer to Business dibuat oleh konsumen untuk produsen yang menjual produk atau jasa, misalnya, konsumen akan memberitahukan rincian produk atau jasa yang dia inginkan melalui internet ke produsen, yang kemudian tahu produsen permitnaan akan menawarkan produk atau jasa yang diinginkan oleh konsument mereka.
Contohnya :
Kebalikan dari B2C, Consumer to Business adalah dimana konsumen perorangan menjual barang atau jasa yang selanjutnya dibutuhkan oleh sebuah perusahaan.
MANFAAT E-COMMERCE
Beberapa manfaat dari E-Commerce dapat dilihat sebagai berikut :
- Memfasilitasi komunikasi antara konsumen dan produsen.
- Memperluas calon konsumen dengan target pasar yang tidak terbatas.
- Memfasilitasi pemasaran dan penjualan barang dan jasa.
- Proses e-commerce lebih mudah untuk melakukannya dengan baik untuk menjual atau membeli.
- Pembayaran yang mudah dilakukan secara online.
- Penyebaran informasi yang begitu mudah dilakukan
KEUNTUNGAN E-COMMERCE
Salah satu keuntungan dari E-Commerce yang jelas kita lihat adalah menjual produk atau layanan yang tidak perlu kita mendatangi toko atau kantor besar seperti yang dilakukan oleh manusia pada biasanya sebagai tempat usaha, tetapi hanya dengan memanfaatkan internet maka kita bisa hanya menjual dari rumah ke calon pelanggan yang tidak terbatas, dengan kata lain pelanggan Anda hanya dapat menutupi seluruh negeri.
Dalam hal komunikasi juga akan sangat bermanfaat antara konsumen dan produsen dapat dengan mudah berkomunikasi secara online dari internet. Baik dari segi pemasaran barang akan lebih menguntungkan jika dilakukan secara online, selain Anda tidak perlu membayar biaya promosi yang banyak seperti manual, tapi dengan layanan internet Anda hanya dapat melakukan promosi produk ana seluruh dunia hanya dengan menggunakan internet tentu biaya yang sangat murah.
DAMPAK NEGATIF E-COMMERCE
Selain banyak manfaat atau positif samping dari penggunaan e-commerce tentu tidak kebal dari dampak negatif yang bisa merugikan konsumen atau produsen. Di bawah ini dijelaskan beberapa dampak negatif dari e-commerce.
1. Penipuan
Sering terjadinya penipuan saat belanja online di internet antara konsumen dan penjual barang tersebut dipesan konsumen telah dibayar melalui e-Transfer tetapi barang tidak pernah dikirim dan diterima oleh konsumsen, dan sebaliknya kadang-kadang terlalu ketidakpercayaan penjual untuk mengirimkan barang-barang di muka dan pembayaran dilakukan setelah pengiriman pembayaran yang ditunggu penjual kadang-kadang tidak diterima atau tidak dibayar.
Terjadinya scam atau penipuan di mana seseoarang dapat menjual barang hampir satu-satunya berebentuk satunya informasi yang sengaja dibuat terpisah menarik pembeli, tetapi ketika melakukan pembelian dan transfer uang, barang tidak ada.
2. Carding
Terjadinya kejahatan seperti carding, hal ini memiliki banyak hal yang terjadi di mana seseorang memanfaatkan dengan menggunakan kartu kredit Anda oleh orang lain untuk berbelanja di internet.
3. Virus / Malware
Kejahatan sering terjadi yang biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki keahlian tinggi dalam ilmu komputer dan internet jaringan seperti penyebaran virus / malware yang disengaja untuk melemahkan sistem, hal ini terjadi karena kurangnya hukum pada teknologi informasi.
Sekian dulu materi tentang E-Commerce semoga bermanfaat.
Terimakasih telat menyempatkan mampir ke blog ane gan , Jangan lupa tinggalkan pesan gan
kritik dan saran sangan membantu :D :D :D
Ijin copas bossqu
BalasHapusoke gan silahkan,, jangan lupa sertakan sumber :D
Hapusmakasih banyak gan sangat membantu sekali artikelnya tentunya bisa menambah ilmu atau wawasan saya
BalasHapuskenalin nama saya Reza Erlina (1722500177)
Dan kita juga punya website kampus di https://atmaluhur.ac.id jgn lupa kunjungi yah manteman.. terima kasih
Terimakasih kak, artikelnya bagus. dan membantu tugas kuliah saya.
BalasHapuskenalkan saya Nindia Putri 1722500056, kunjungi website https://www.atmaluhur.ac.id